Standard

Setahun ini..

Setahun tidak nulis apa2 di blog ini menunjukkan betapa luar biasanya setahun ini. Sampai tidak kuasa menulisnya… Huehehehe.. Alasan saja! Eh, tapi memang benar2 ‘definitely sumthing’ kok.. Sejak desember tahun lalu saat pengumuman ujian cpns yg merubah rencana2 ke depan; yang artinya petualangan menjelajah pelosok negeri dgn senjata kuesioner dan bolpen biru akan berakhir atau lebih tepatnya sudah tidak akan saya tempuh lagi, dan petualangan ke sumbawa, mandar dan luwu timur adalah yg terakhir.
Setelah kabar pertama tadi, kemudian diketahui bahwa saya hamil. Alhamdulillah, sebenarnya sudah ada perasaan ‘rawan’ saat tahun baru di gelanggang UGM dan ngayogjazz di rumah Joko Pekik. Rasa rawan itu piye yo.. Seperti ada sesuatu yang fragile tapi pasti, yang tumbuh di dalam tubuh. Sampai akhirnya periksa di dokter (ndak berani test pack di rumah) dengan hasil positif barulah meyakinkan diri bahwa ini benar terjadi. Mual hanya 2 bulan pertama, setelahnya santai saja.
Bulan semester pertama dilalui dengan baik, mas wawan ke grobogan untuk penelitian, bapak sibuk dengan kyai kanjeng, ibu dengan KBnya. Ndak boleh pergi2 sama bapak, padahal tidak tahan di rumah, tapi demi kesehatan janin ya harus dipatuhi.

Kalau kemudian keseimbangan semesta berubah karena Bapak sedo tgl 20 Juli itu bukan berarti dunia berhenti berputar. Saat kabar datang bersama rawuhnya ibu, mbak via, bik In dan bu Wahya ke kantor bahwa bapak sedo dalam tidurnya, dengan posisi yg tak berubah, di sidoarjo untuk tugas Kyai Kanjeng, tentu saja rasanya seperti ada lubang besar menganga. Dengan pertanyaan pertama : ‘lho pak, lha pripun niki putune? Sebentar lagi lahir lho’ Tapi detik kemudian berpikir, ‘ah ya sudah iki urusane Gusti Allah, wis manut wae’ maka tenanglah saya. Toh, ini semacam bapak melanjutkan perjalanan baru dan sudah bebas dari beban2 duniawi. Meninggal kan tidak berarti ‘tidak ada’. Bapak tetap ada tapi dengan dimensi dan entitas yang belum saya tempuh. Gitu saja sih… Urusan bapak ndak ketemu putunya itu hak prerogratif Gusti Allah. Lha emang pertemuan itu harus dalam arti wujud yang wadag po? Bukankah semesta ini tercipta dengan berlapis2 dimensi? Mbok-mbok Gusti Allah mengizinkan, insyaallah bapak sudah gojegan sama danurdoro. Toh, dunia ini fana-fana saja to, ndak perlulah didramatisir… ˇ•нεнεнε ☺•ˇ
Jadi kalo ada orang yang maunya berbelasungkawa tapi dengan nada penyesalan pasti langsung saya potong dengan tegas. Piye to arek iki? Lha wong bapak yang dipundut saja dengan santai menerima dan setuju kok iki malah koyo ngene.

Oh, tentu saya kangen bapak. Segala hal tentang bapak. Tapi semua pengalaman dengan bapak itu rasanya sudah sempurna, cukup, dan tepat pada saatnya. Dari ngobrol tentang jamaah maiyah, om-om KK yang aneh lucu dan ajaib, hal-hal sehari-hari, makan siang berdua di jejamuran, ngopi berdua di starbuck, membahas buku, jalan2 di amplaz berdua, semuanya itu tidak terlupakan. Atau bahkan saat marahan, hehehehhe.. Semua manusiawi dan hidup dirayakan dengan sederhana..
Oleh karena itulah, kurang dari 2 bulan setelah bapak sedo, Danurdoro lahir. Dan nama depannya adalah Zainunnur yang artinya cahaya yang indah. Nama ini oleh mbah Nun diambil dari nama bapak ‘Zaenuri’ dengan pengkoreksian sehingga tepat secara arti dan tulisan. Afia untuk nama tengah karena ia lahir jumat. Dan Danurdoro untuk menegaskan darah Jawa, yang berarti kaya ilmu. Amiieeenn

Jadi, hidup tetap berlanjut. Petualangan baru menanti. Bismillah, semoga keseimbangan baru terbentuk dengan sebaik-baiknya. Sebagaimana semoga bapak diberi tempat yang sebaik-baiknya juga.. Insyaallah ketemu lagi ya bapakku..
Amiin ya robbal alamin..

Advertisements

11 thoughts on “Setahun ini..

  1. Great! After so long, finally a new post!

    Turut berduka ya, mbak. Mungkin telat, tapi ya memang baru tahu karena baca blog mbak ini…

    Ditunggu next post-nya.

  2. Douh…kamu ngeksis di blog kayak jaelangkung aja…hahaha..
    Itu foto elo dan bokap ya? Ganteng lo bapakmu..naksir aku..hehee

    Ta;tunggu tulisan2mu berikutnya ya..:)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s