This is what a new mom have to deal with…

This is what a new mom have to deal with…

 

 

 

 

 

 

 

 

Mmmhhh… Saya ndak tau ya.. apakah semua ibu pernah mengalami ini? Mengalami peristiwa di mana ia digurui dan  disalahkan oleh orang lain yang merasa lebih benar dan lebih berpengalaman dalam hal kehamilan, menyusui, mendidik anak dll..

Peristiwa terjadi kemaren, ketika teman laki-laki saya bercerita bahwa istrinya baru saja melahirkan. Kemudian dia bertanya “bagaimana ASI-nya kalau ditinggal ke kantor?” lalu saya bilang kalau ASI diperas, masukkan freezeer. Untuk menjaga kualitas dan kuantitas ASI, saya minum dan makan berbagai macam,  seperti makan yang banyak protein, sayur, susu, suplemen dan jamu.

Mendengar kata “jamu”, tiba-tiba teman perempuan saya langsung menukas. “Kok minum jamu, sekarang kan belum butuh, nanti mencret, saya kan sudah bilang dulu.. bla bla bla…, kok nggak percaya??!!!” dengan nada yang membuat miris karena menganggap bahwa pendapatnya yang paling benar sedunia dan semua orang harus patuh.

Tentu saja saya sudah hapal dengan tabiat orang ini,  ada kalanya saya  bersikap manut dan mengiyakan biar pembicaraan tidak bertambah panjang. tapi ada kalanya saya capek dan berontak…

dengan gagah berani saya bilang..

“Ibu, alhamdulillah anak saya tidak mencret dan dari pengalaman saya, jamu sangat membantu ketika saya sedang Prajabatan dan produksi ASI menurun karena capek dan stress. Ibu, tiap ibu dan bayi itu punya pengalaman unik masing-masing dan tidak bisa disamakan!”

ibu tersebut masih dengan sengit mendebat berdasarkan pengalamannya mempunyai anak hampir 20 tahun yang lalu.

“Iya Ibu, tapi banyak faktor yang mempengaruhi bukan? Bagaimana dengan makanan yang dikonsumsi sang ibu, daya tahan bayi, cuaca, lingkungan tempat tinggal, dll ?

*pembicaraan selesai*

Oh Tuhan… tentu saja saya berterimakasih atas semua resep dan saran dari semua ibu-ibu yang sudah pernah hamil & menyusui bertahun-tahun yang lalu, yang kemudian banyak dari mereka berkecenderungan untuk membagi pengalaman mereka. Tentu itu baik sekali.. tapi yang saya risaukan bukan itu… Tolonglah jangan merasa bahwa pengalaman anda itu yang paling benar bu.. dan semua orang harus berpengalaman seperti ibu… Tolonglah nadanya jangan menggurui dan menganggap bahwa yang tidak sama dengan ibu itu tidak baik dan salah besar.

Hamil berapa bulan, kok nggak keliatan, kok masih kecil perutnya?Jangan makan pedes, nanti ASInya jadi pedes, jangan minum jamu nanti mencret, jangan ini jangan itu…. kenapa ini kenapa itu…

Kalau saya sedang berlapang hati saya hanya senyum dan mengiyakan saja  tapi kalau saya sedang capek ‘behave’ semua kalimat yang terlontar di atas akan saya debat…

Mungkin teman-teman saya yang seumuran juga pernah mengalami ini? Antara jengkel dan mafhum, antara menghormati pendapat orang dan geregetan, antara cemas dengan perkembangan bayi dan yakin bahwa semua akan baik-baik saja…

Gusti Allah nyuwun pangapuro…

Tentu saja kami berlindung pada Mu Gusti… dan semua ibu tentu ingin yang terbaik untuk anaknya, sebagaimana semua bayi adalah spesial dan anugerah dariMu… Tuntunlah kami jalan yang terbaik, yang Engkau Ridho dunia akherat… Janganlah kami menjadi yang merasa paling benar, yang paling baik, dan segalanya…

Amiin..

 

 

 

Advertisements

2 thoughts on “This is what a new mom have to deal with…

  1. Wah, sama ya mbak… Kalo pengalaman Mbak Rani sama ibu yang lebih tua, kalo saya malah sama temen seangkatan (maksudnya seumuran). Waaah, dia itu bisa cerewetnya minta ampun kalo soal parenting gitu. Berasa dia yang paling expert deh! Padahal jarak “angkatan menjadi ibu” antara dia dan saya hanya berbeda dua tahunan saja. Hihihihihi…

    Salam buat si kecil ya Mbak… ^____^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s