Aside

2016 August, kali ini..

Sebenarnya sejak kapan berdirinya negara dirayakan dengan lomba-lomba yang menggelikan. Dalam banyak hal, saya termasuk yang kurang nyaman dengan perayaan seperti ini. Akan tetapi demi sebuah basa-basi dan kesalehan sosial tingkat kampung maka ada baiknya ikut meramaikan. Minimal ikut satu lomba yang paling memungkinkan untuk saya.

Good point adalah lomba ini semacam media mengakrabkan warga kampung sekaligus juga media kontrol siapa yg absen, siapa yg rajin. “Ngetok ning kampung” adalah salah satu alasan kuat sekaligus hegemoni paling sederhana supaya dianggap hidup wajar dalam kiprah seseorang di kampung.

Beberapa ibu-ibu sangat serius mengikuti lomba ini. Kecewa kalau kalah, bersuka cita jika menang. Tahun ini lomba ibu-ibu hanya ada tiga. Balapan menyunggi tampah seperti foto di atas, makan kerupuk dan memasukkan belut ke dalam botol. Saya hanya ikut yang balapan menyunggi tampah karena alasan sederhana, ini balapan yang paling punya dignity.. Hahaha… Tapi ini opini saja lho ya..
Agak aneh balapan makan kerupuk yg diikat tali, agak disgrace buat saya.. Honestly…
Dan lomba terakhir, memasukkan belut di botol. MC lomba, seorang laki-laki paruh baya, menyemangati ibu-ibu dengan komentar yang berbau seksis. I don’t know.. Jadi ingat penis envy..

Kenapa sih yg lomba bukan bapak-bapak..??

Kenapa sih lombanya macam begini?

Semua berdalih supaya kampung rame, buat seneng-seneng, biar guyub, dll.. Mungkin ini benar. Atau mungkin ini semacam olok-olokan untuk Indonesia, negara yang dengan serius dibangun ini diperingati dengan lomba fun yang politically incorect menurut saya. Atau mungkin ini pelepasan dari situasi yg lebih rumit dan tak terjangkau di luar sana..

Semua bergembira, saya duduk mesam-mesem. At least, saya sudah ikut lomba, kewajiban sosial sudah terpenuhi.

Dan ternyata masih ada lomba satu lagi, memukul kantong plastik berisi air.

Sudahlah, seharusnya saya mengikuti falsafah budaya populer saja supaya semua ini lebih nampak sederhana dan menyenangkan…

View on Path

Leave a Reply

